Mobil Balap AI Roborace Sukses di Uji di Festival of Speed Goodwood

Maemoapps.com – Semakin majunya perkembangan teknologi dalam segala bidang membuat temuan-temuan baru mulai diciptakan. Salah satunya ada dalam bidang otomotif yaitu mobil balap tanpa pengemudi.

Mendengar kata tersebut tentu membuat kita penasaran, mobil tersebut bernama Roborace yang telah sukses dikenalkan dalam ajang Festival of Speed Goodwood akhir pekan lalu.

Roborace diciptakan dengan kendali sistem AI (artificial Intelligence). Selain itu, Roborace juga dilengkapi beberapa fitur canggih seperti kamera 360 derajat digunaan untuk melihat, empat motor elektrik dengan tenaga hingga 500 tk, beragam prosesor komputer, radar, GPS, ultrasonik dan sensor kamera.

“Sirkuit di Goodwood menyajikan kesulitan level 4 sampai 5 dalam sistem berkendara tanpa pengendara. Sirkuitnya sempit dengan geometri yang komplek, belokan dan tanjakan yang tertutup banyak pohon membuat tim tidak bisa mengandalkan GPS,” tutur kepala perangkat lunak Sergey Malygin.

Dalam ajang Festival of Speed Goodwood, Roborace sukses menjalani pengujian sebagai mobil balap tanpa awak. Akan tetapi kecepatannya masih dibatasi dan hanya mencatatkan kecepatan 120 kpj.

Selain Roborace, ada juga mobil produk lain yang mengusung konsep sama. Mobil tersebut adalah Siemens Mustang 1965 yang dimodifikasi untuk memperlihatkan teknologi autonomous namun untuk berjaga-jaga mereka menyertakan pengemudi di dalamnya.

Goodwood Festival sendiri adalah ajang tahunan bagi penggemar dunia otomotif yang telah diselenggarakan sejak 1993. Menu utamanya adalah kehadiran mobil-mobil dari beragam era, model dan seri balapan. Mereka akan menaiki bukit di lintasan sempit sepanjang 1,8 kilometer dengan pengaman hanya berupa tumpukan jerami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *