Ini Jarak Aman Kendaraan di Depan dan Belakang

Maemoapps.com – Kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan roda dua mapun roda empat dengan truk semakin meningkat. Kecelakaan lalu lintas seperti ini terkadang menyalahkan sopir truk. Mulai dari mengerem mendadak, tidak memberi kode dll.

Namun, apakah pernah terfikir jika kita sebagai pengendara motor atau mobil juga diharuskan tahu jarak aman berkendara ketika berada di belakang atau depan truk.

Melihat kasus ini, seorang Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) bernama Sony Susmana memberikan sebuah pembelajaran terkait seberapa jauh sebenarnya jarak aman kendaraan dengan kendaraam didepannya.

“Ini paling tidak disarankan karena truk remnya lebih besar, sehingga itu kondisi paling tidak aman, khususnya di jalan tol. Jadi kira-kira kalau di belakang kita ada mobil besar dan di depannya juga ada mobil (bukan truk) maka usahakan rada dekat dengan mobil depan karena mobil truk kan rem nya rada telat. Jadi kalau di belakangnya ada mobil besar, diusahakan kita sudah memikirkan (jarak aman)akan membawa mobil kemana bila mobil depannya berhenti,” ucapnya Sony.

“Lebih baik kita menjaga jarak aman atau menjaga 4 detik dari mobil depan. Sehingga begitu di depan rem mendadak kita bisa menghindar, antisipasi, serta memberikan informasi kepada mobil belakang,” lanjutnya.

Terkait itu, Kepala Terminal Tanah Merdeka, Sutrisno, mengatakan masih banyak sopir truk yang mengendarai secara ugal-ugalan. Belum lagi, tingginya kendaraan truk membuat kebanyakan sopir tidak melihat apa yang ada di samping-sampingnya.

Seringkali, kecelakaan justru melibatkan truk dengan sepeda motor karena tak sabar hingga berani untuk selap-selip.

“Meski kita sudah hati-hati, kita gak tahu kan orang lain bagaimana. Untuk pengendara motor, jaga diri baik-baik di jalan jangan selap-selip, karena kadang gak kelihatan ya, motor kan pendek, kalau Anda di sampingnya persis gak bakal kelihatan,”jelasnya Sutrisno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *