Pahami Cara Mudah Melakukan Pengisian Air Aki Mobil

Maemoapps.com – Aki atau Akumulator merupakan alat yang di gunakan untuk menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Dan jika membahas aki pada mobil tentu dalam perawatannya haruslah tepat misal dalam pengisian air aki.

Dalam melakukan perawatan aki seperti mengisi air aki banyak dari para pemilik mobil yang mungkin masih ada yang belum tahu tentang bagaimana cara mengisi air aki misal tipe basah. Padahal sebenarnya hal ini cukup mudah.

Dalam pengisian air aki tipe basah terdapat dua pilihan, atau sering dikenal dengan botol merah dan biru. Jadi bisa disimpulkan dalam membeli dan mengisi air aki jangan sampai salah.

Memberi penjelasan tentang dua pilihan air aki tipe basah, Iwan Abdurahman selaku General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan jika bungkus warna merah dikenal dengan Accu Zuur. Isinya H2SO4, asam sulfat.

“Ini untuk mengisi aki baru yang kosong belum ada air nya,” kata Iwan.

Sedangkan untuk kemasan biru berisi H2O atau air murni. Dan perlu diketahui jika air aki biru ini digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Setiap aki terdapat tanda batas maksimum dan minumun air.

“Jangan menambahkan air aki pake botol merah, nanti kadar H2SO4 nya jadi naek dan akan menurunkan performa aki itu sendiri,” tutur Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menyarankan ketika melakukan proses pengisian air aki pastikan hal terpenting yaitu kondisi mesin sedang tidak menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *