Jaga Tekanan Angin Ban Tubeless Supaya Bertahan Lama

Maemoapps.com – Perangkat kendaraan yang perannya sangat penting yaitu ban didalam produksinya mempunyai 2 tipe yang bisa digunakan oleh para pemilik kendaraan di seluruh dunia, dan 2 tipe tersebut adalah ban biasa (tube type) dan ban tubeless.

Lalu bagaimana jika kedua jenis ban ini dibandingkan? Ternyata ban dengan tipe tubeless diyakini lebih unggul dari ban biasa. Hal ini karena ban tubeless memiliki struktur dan kualitas bahan yang berbeda dari ban biasa. Kendati demikian, ban tubeless juga tetap perlu adanya perawatan supaya tetap mampu bekerja secara maksimal.

Hal ini juga dikatakan oleh seorang mekanik SuperBan yang bernama Supri. Menurut Supri semua jenis ban tetap harus melakukan perawatan termasuk ban jenis tubeless.

Supri juga memberikan sebuah tips atau bisa dibilang perawatan sederhana kepada motor yang menggunakan ban tubeless. Dirinya menganjurkan untuk benar mengisi tekanan pada ban, misalnya untuk jenis matik tekanan ban depannya 30 Psi dan belakang 35 Psi.

Adapun masalah yang akan terjadi jika tekanan ban kurang. “Kalau tekanan angin kurang bisa menyebabkan ban cepat rusak karena hampir semua telapak ban melakukan gesekan dengan aspal, dan membuat ban menjadi cepat panas,” jelasnya Supri.

Tidak hanya itu, Supri juga menyarankan jika ban mengalami kebocoran karena paku atau benda tajam lainnya jangan ditambal hanya dengan lem, karena proses tambal lem jika lem yang digunakan untuk menambal menyebar maka akan bisa merusak permukaan ban.

Lebih lanjut, Supri juga menyarankan untuk para pengguna ban tubless lakukan pemeriksaan secara berkala dan jangan terlalu sering membawa beban berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *