Memenaskan Mesin Motor Terlalu Lama Dapat Memberi Dampak Negatif

Maemoapps.com – Sudah bukan sebuah rahasia dan ini tentu sering dilakukan oleh para pemilik motor pada pagi hari yaitu memanaskan mesin motornya. Bukan tanpa alasan melakukan kegiatan ini, memanaskan mesin motor tentu perlu dilakukan untuk melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin dengan oli.

Membahas lebih jauh tentang cara memanasi motor ternyata masih banyak pemilik motor yang salah dalam metode memanasi mesin motornya, seperti waktu yang cukup lama saat memanasi mesin motor hal ini sering dilakukan karena biasanya sang pemilik juga melakukan sebuah aktivitas lain sembari memanaskan motornya. Namun, perlu diketahui jika memanasi motor dengan waktu yang lama akan berdampak buruk pada mesin motor.

“Kalau memanaskan motor jangan terlalu lama, sekitar 3 menit dan maksimalnya 5 menit. Karena motor zaman sekarang sudah didesain siap pakai,” kata Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, saat ditemui di tempat kerjanya di bilangan Dewi Sartika.

Menurut Rendra Kusuma saat kita memanasi motor perangkat lain dalam motor seperti lampu utama akan ikut menyala. Kemudian, lampu yang menyala itu akan
menghasilkan energi panas.

Lebih lanjut, Rendra menginformasikan jika energi panas yang dihasilkan oleh nyala lampu tidak dibuang, muncul kemungkinan bisa merusak lampu utama. Oleh karena itu, Memanaskan motor terlalu lama sangat tidak baik untuk dilakukan.

“Kalau terlalu lama dipanaskan dan motor dalam keadaan diam kan lampunya jadi makin panas karena tidak ada sirkulasi pendinginan, nanti mika lampunya bisa meleleh,” jelasnya Rendra.

Selain dari lampu, leher knalpot juga akan terkena dampak dari lamanya proses memanaskan mesin motot. Menurut Rendra memanaskan motor yang terlalu akan mempercepat leher knalpot menjadi kekuningan hal ini juga karena leher knalpot yang bersentuhan langsung dengan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *