Ganti Kaliper Monoblok, Rem Motor Sport Makin Pakem

 

Maemoapps.com – Kebiasaan berkendara dengan kecepatan tinggi yang dilakukan oleh pemilik motor sport  yang memiliki kapasitas 250 cc ke atas diperlukan fitur yang benar-benar dalam peforma yang baik agar tidak terjadi hal yang membahayakan. Salah satu yang paling dibutuhkan adalah dengan menambahkan sistem pengereman yang mumpuni agar penggunanya tetap bisa safety ketika berada di jalan raya.

Tentang Kaliper Monoblock

Aplikasi Kaliper Monoblock

Selain memilih sistem pengereman yang radial, axial, dan floating disc kini juga tersedia pengereman baru dengan kaliper monoblock. Disebut sebagai kaliper monoblock karena berdiri secara tegak 90 derajat. Dengan menggunakan sistem pengereman ini memungkinkan pengguna untuk memiliki daya cengkram yang lebih baik dan juga lebih pakem apabila dibandingkan dengan yang 45 derajat.

Penerapan kaliper monoblock  bisa untuk motor jenis apapun. Tidak hanya diperuntukkan sebagai kebutuhan motor sport saja. Motor jenis naked bike, skutik, ataupun motor custom juga bisa dipasangi dengan kaliper monoblock.

Jika Menggunakan kaliper monoblock harus memakai minyak rem DOT4. Hal ini disebabkan minyak rem pabrikan biasanya hanya memakai DOT3, dengan memakai yang DOT4 menyebabkan daya cengkram rem makin kuat.

Pemasangan

Cara pemasangan bisa dilakukan untuk motor apa saja, Anda tinggal mengubah braket saja. Selanjutnya adalah mencocokan baut di sokbreker. Yang perlu diperhatikan adalah tatakan kampas rem harus berada di tengah cakram dan mainkan sudutnya sampai terasa pas.

Kaliper Monoblock ini beredar dengan nama Brembo GPRX4 Chrome yang memiliki ukuran 100 mm. Sedangkan untuk lamanya pemakaian tergantung gaya ketika berkendara. Jika sering melakukan pengereman dalam jarak-jarak yang dekat mengakibatkan kampas rem cepat habis juga.

Sedangkan untuk dudukan kaliper monoblock yang akan tersedia saat ini ada pada Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250, dan Yamaha R25. Untuk mengganti kaliper monoblock untuk motor apapun disarankan untuk mengganti dengan produk aftermarket.

Sedangkan untuk ganti cakram bisa diakhirkan karena berkaitan dengan budget yang cukup atau tidak. Cakram yang bisa dipakai antara lain KTC atau Brmebo. Atau yang lebih terpenting adalah disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *