Cara Hilangkan Panik Ketika Rem Mobil Blong

 

Maemoapps.com – Tahukah Anda bahwa rem merupakan komponen pada kendaraanyang sangat penting?. Pasalnya dengan rem maka Anda dapat mengendalikan laju kendaraan. Anda akan bisa mengetahui kapan Anda harus berhenti atau mengurangi kecepatan dalam berkendara.

Langkah Jitu Hilangkan Panik Ketika Rem Blong

Ada saatnya rem tidak bisa berfungsi atau blong tiba-tiba. Untuk itu, Anda jangan panik dulu karena panik tidak akan membuat selamat. Lebih baik Anda melakukan berbagai langkah penting.

Turunkan Gigi Secara Bertahap

Turunkan gigi secepat mungkin ketika rem blong tiba-tiba. Anda dapat menurunkan gigi mobil secara bertahap yakni dari 5,4,3,2, sampai 1 berbarengan dengan kurangi intensitas gasnya. Selain itu lebih baik Anda gunakan rem tangan setelah menurunkan gigi. Rem tangan dapat menghentikan mobil sampai benar-benar berhenti ketika kecepatan sudah rendah.

Selain itu, arahkan mobil Anda ke jalur yang lambat. Jika sudah menurunkan gigi dan menekan rem tangan maka segera arahkan mobil Anda ke jalur yang sangat lambat atau di bahu jalan. Hal tersebut tentunya agar tidak terjadi tabrakan dengan mobil lain yang sedang melaju disekitar Anda dalam kecepatan tinggi.

Jauhkan Kaki dari Pedal Gas

Lebih baik Anda menjauhkan kaki dari pedal gas. Ketika melakukan langkah diatas maka sebisa mungkin harus menjauhkan kaki dari pedal gas. Selain itu Anda lebih baik cek benda yang menghalangi pedal rem. Benda-benda yang ditaruh dibawah kursi tentunya dapat maju kedepan akibat adanya gaya injak pengereman dan dapat memblokir pedal rem dari belakang.

Tidak hanya itu saja, Anda juga lebih baik injak dan kocok rem berkali-kali. Khusus kendaraan tanpa rem ABS, coba Anda injak juga pedal rem berkali-kali. Dengan ABS maka akan membantu tindakan pengereman otomatis.

Peringatkan Pengendara Lain

Anda juga harus memperingatkan pengendara lain karena jika rem blong ketika jalanan cukup ramai maka usahakan untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Caranya adalah dengan menyalakan lampu sein  atau beri tanda dengan mengeluarkan berbagai barang dari dalam jendela.

Jika kondisinya terpaksa harus menabrak maka tabraklah sesuatu yang lunak dan aman untuk Anda. Maksudnya adalah ketika berkendara dalam keadaan genting dan rem blong maka carilah objek untuk menghentikan laju mobil seperti kayu, tanah, pasir, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *